Banyak orang yang menyukai film, terutama film barat dan film Asia. Sebenarnya, setiap film di berbagai negara memiliki keunikannya sendiri-sendiri, terutama terletak pada karakter pemainnya. Genre yang ada di film barat maupun film Asia pada dasarnya sama, tetapi biasanya memiliki pola alur yang berbeda. Melihat secara keseluruhan dari film barat dengan film Asia, memang ada beberapa perbedaan. Namun keduanya juga memiliki persamaan.

Beberapa persamaan antara film barat dan Asia adalah sebagai berikut.

  • Genre popular

Baik film Asia maupun film barat, memiliki deretan genre popular yang hampir sama, di mana sama-sama menjadikan genre horror menjadi genre popular dan banyak ditonton. Sementara genre popular lainnya adalah genre action, yang biasanya terdapat di film-film barat dan di beberapa negara Asia timur seperti halnya Hongkong dan Korea.

  • Durasi film

Persamaan lainnya dari film barat dengan film Asia adalah pada durasi filmnya. Untuk durasi film pada dasarnya sama di setiap negara, yaitu sekitar 1 sampai 2 jam. Jika ada yang 3 jam pun itu jarang, tidak begitu banyak, kecuali film-film tertentu.

  • Kualitas gambar

Terkait dengan kualitas gambar pada film barat dengan film Asia pada dasarnya sama. Keduanya menghasilkan gambar yang cerah dan enak ditonton. Ukuran film pun rata-rata sama, sehingga mudah untuk didownload dan dicopy.

Sementara perbedaan antara film barat dengan film Asia adalah sebagai berikut, khususnya dalam genre film horror.

  • Jalan Cerita

Pada beberapa film genre horror barat yang popular, lebih mengandalkan alur cerita dengan mengadopsi kisah nyata. Misalnya seperti halnya Boneka Annabelle yang konon merupakan boneka yang mendapat kutukan. Atau cerita The Conjuring yang merupakan kisah pengusir hantu pada tahun 1950an. Sementara film Asia lebih terkesan memiliki alur cerita fiksi. Namun genre film horror di barat maupun di Asia sama-sama menakutkan.

  • Penampakan

Perbedaan kedua adalah terletak pada penampakan hantu pada film tersebut. Rata-rata hantu yang terdapat di film barat adalah hantu dengan karakter yang sangat unik. Misalnya adalah hantu Valak yang merupakan seorang biarawati. Atau hantu Dracula yang merupakan pria tampan yang suka menghisap darah manusia, serta Badut yang menakut-nakuti anak-anak. Namun karakter unik pada hantu ini memberikan kesan yang mengerikan. Sementara hantu film Asia cenderung monoton, yaitu dengan berkostum putih.

  • Teknik Pengambilan Gambar

Hal yang tidak kalah menarik selanjutnya adalah terkait dengan teknik pengambilan gambar. Untuk genre film horror Asia, teknik pengambilan gambarnya masih biasa, tetapi tetap memberikan efek takut pada para penonton. Misalnya saja pada film horror Asia di tahun 80an, gambar diambil seadanya, tetapi cukup menyeramkan. Sementara untuk film horror barat sudah menggunakan teknik pengambilan gambar yang cukup bagus. Kameramen bisa mengambil angle yang tepat untuk scene yang di-shoot. Bahkan film barat biasanya menggunakan efek-efek yang membuat kaget para penonton.

  • Adegan

Terkait dengan adegan antara film horror barat dengan Asia memiliki perbedaan. Di film horror barat, biasanya manusia yang akan menghampiri hantunya. Atau ketika terdengar suara mencurigakan, maka pemeran manusia yang akan mencari suara itu Sementara pada film horror Asia, hantu yang akan menghampiri manusia, dan manusia akan cenderung lari ketika mendengar suara aneh.

Setiap orang memiliki selera film horror yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka horror barat, dan ada pula yang suka horror Asia.

Share